Aplikasi Penggajian Talenta, Solusi Sistem Penggajian Perusahaan untuk Jadi Mudah

Solusi payroll system Indonesia adalah cara canggih untuk menerapkan sistem penggajian yang lancar dan terpercaya di perusahaan anda. Inilah sebuah metode mutakhir yang berbasis teknologi dan sudah terbukti kualitasnya.

Masalah Penggajian Karyawan di Indonesia

Penggajian termasuk urusan manajemen sumber daya manusia dalam lingkup perusahaan. Jika sampai terjadi kendala atau masalah yang besar dari metode penggajian, kinerja dalam perusahaan bisa terancam. Risiko seperti produktivitas karyawan yang menurun hanyalah satu dari sekian banyak contoh.

Meskipun dalam lingkup usaha kecil menengah, sistem penggajian mesti diterapkan secara profesional. Karena gaji merupakan hak dari setiap orang yang bekerja dalam sebuah perusahaan. Tapi kadang terjadi persoalan teknis yang disebabkan oleh sistem penggajian yang masih dikerjakan secara manual tanpa menggunakan aplikasi penggajian. Artinya, metode pencatatan atau pembukuan dilakukan secara konvensional dengan konsekuensi keterlambatan data yang diinput hingga proses rekap dan pembayaran.

  • Solusi Aplikasi Penggajian

Aplikasi penggajian adalah solusi untuk metode penggajian yang sangat relevan dengan kemajuan jaman. Pertama, aplikasi ini mampu mengelola data semua karyawan secara lengkap dan akurat. Input memang dilakukan oleh setiap karyawan yang pada perkembangannya nanti dapat diperbarui. Semisal jika ada perubahan nomor rekening, jenjang karir, atau data-data lain.

Menariknya lagi adalah sistem yang komprehensif dari aplikasi penggajian, termasuk untuk pendataan absensi karyawan. Penghitungan gaji jadi lebih hemat waktu karena dapat dihubungkan langsung secara otomatis dengan data absensi karyawan dalam periode mingguan dan bulanan.

Pemantauan jam kerja dan kinerja setiap karyawan lebih terasa mudah dengan penggunaan aplikasi penggajian. Anda bisa menerapkan sistem monitoring jam kerja setiap karyawan tanpa harus melakukan pengecekan secara manual.

Terkait dengan kedisiplinan karyawan, sistem absensi yang dikelola dalam aplikasi sangat berkontribusi untuk peningkatan mutu produktivitas. Sebagai sebuah tanggung jawab pula baik dari karyawan dan perusahaan yang akan sama-sama membangun relasi bisnis yang positif dengan aplikasi penggajian.

  • Data Terpusat dan Aman

Misalnya anda sedang tidak berada di tempat kerja atau saat hari libur, sementara tanggal gajian sudah datang, sudah menjadi kewajiban anda untuk segera merekap dan menggaji mereka. Kendalanya jika dilakukan secara konvensional harus membuka lagi data pembukuan dan diikuti kalkulasi secara manual. Aktivitas semacam itu tidak akan anda lakukan dengan memakai aplikasi penggajian. Anda bahkan bisa mengaksesnya secara online dan tidak perlu khawatir dengan risiko keamanan.

Ini adalah sistem penggajian terbaik untuk perusahaan anda dan untuk tipe bisnis apa saja. Karena itulah aplikasi ini dapat digunakan oleh tiap perusahaan kecil, menengah, sampai korporasi besar. Kenyamanan sumber daya manusia di tempat bisnis anda sangat dipengaruhi dari bagaimana anda memberikan hak mereka secara tepat. Dan dengan aplikasi penggajian, ihwal penggajian tak lagi menyita waktu dan tenaga.

  • Fitur Multi Approval

Aplikasi penggajian juga menyediakan fitur multi approval yang memungkinkan setiap karyawan mengajukan ijin, cuti, dan sejenisnya. Hanya melalui aplikasi ini dapat anda atur sesuai kebutuhan dan tidak mengusik produktivitas di perusahaan anda.

Kualitas perusahaan ditentukan oleh sumber daya manusia yang anda lindungi dan kelola setiap haknya. Gaji adalah satu hak yang sangat vital dari mereka karena berdampak pada keseluruhan aspek di perusahaan anda. Oleh sebab itu, jangan sampai masalah sistem penggajian menjadi pemicu hal-hal yang dapat merugikan perusahaan. Gunakanlah aplikasi yang terbaik dari aplikasi penggajian.

Tips Memilih Aplikasi penggajian

Payroll karyawan atau pembayaran gaji karyawan setiap bulan bisa jadi merupakan pengeluaran yang paling besar bagi perusahaan. Dalam penghitungannya pun bisa dibilang merupakan proses yang sangat sulit. Bagaimana tidak? Jika perusahaan anda memiliki karyawan ratusan bahkan ribuan, maka administrasinya tentu akan sangat merepotkan. Banyak hal yang harus dihitung mulai dari gaji pokok, tunjangan, bonus, dan lain-lain. 

Nah, di dinilah payroll software diperlukan. Aplikasi ini akan membantu anda menghandle semua keperluan administratif yang berhubungan dengan personalia seluruh karyawan. Tentu saja fungsi tersebut sangat membantu bagian HR untuk menyelesaikan tugasnya. 

Jika anda berencana memasang payroll sopftware dalam waktu dekat, maka anda perlu memperhatikan tips-tips di bawah ini supaya menemukan aplikasi penggajian yang sesuai dengan perusahaan anda. 

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda jadikan rujukan dalam memilih Aplikasi penggajian yang tepat. Berikut adalah rinciannya: 

  • Pilih Program dengan Penggunaan yang Mudah 

Memilih program payroll yang mudah sangat penting bagi keefisienan kinerja perusahaan setiap harinya. Anda tentu tidak mau membuang waktu untuk menunggu karyawan bagian HR mempelajari aplikasi payroll terlalu lama. Masalah juga timbul jika anda merekrut karyawan baru dan perlu mengajarinya sampai benar-benar menguasai aplikasi tersebut.  

  • Proses yang Akurat 

Anda bisa mendapatkan review dari perusahaan-perusahaan yang sudah menggunakan aplikasi payroll sebelumnya. Silakan mintalah pendapat kepada perlahan tersebut bagaimana payroll yang mereka gunakan tersebut bekerja. Apakah sudah sesuai dengan proses yang diinginkan atau belum. Jangan sampai saat anda sudah memasang software payroll namun ternyata penghitungannya tidak akurat. Bisa-bisa anda malah kerja dua kali hanya untuk menhitung gaji karyawan. 

  • Perhatikan Fitur-fitur yang Ditawarkan 

Anda bisa mendapatkan aplikasi penggajian yang menyediakan fitur-fitur yang lengkap dan sudah saling terintegrasi satu sama lain. Dengan begitu, perhitungan akan akurat dan tepat serta efisien. Jangan sampai saat anda sudah melakukan pemasangan sistem payroll dan anda tidak tahu fitur apa saja yang dimilikinya. Tanyakan kepada pihak penyedia layanan aplikasi payroll kira-kira kelebihan apa saja yang ditawarkan sehingga anda harus memakai produk aplikasi payroll mereka. 

  • Aplikasi Selalu Mendapatkan Update 

Sebagai sebuah sistem, Payroll juga bakal mengalami keusangan, maka selain membutuhkan perdata, aplikasi ini juga membutuhkan update sehingga peraturan yang ditetapkan pemerintah soal penggajian karyawan bisa tetap relevan dengan perhitungan aplikasi tersebut. 

Hal ini tentu saja penting jika mengingat peraturan penggajian sering berubah-ubah di Indonesia. salah-salah anda menghitung dan memasukkannya dalam jurnal laporan keuangan anda, maka anda bisa kena sanksi. Maka sangat penting untuk memperhatikan fitur yang satu ini. 

  • Aplikasi yang Menyesuaikan Kebutuhan 

Mungkin anda berharap jika ada aplikasi payroll yang memahami akan kebutuhan anda. Meskipun saat ini bisa dibilang bahwa hampir semua aplikasi penggajian menawarkan fitur yang sama, namun anda bisa melakukan survey terlebih dahulu supaya aplikasi tersebut bisa menyesuaikan dengan iklim perusahaan anda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda dapatkan sebelum memutuskan untuk membeli aplikasi penggajian dari perusahaan-perusahaan yang ada. Memutuskan memasang payroll berarti telah memutuskan untuk meningkatkan efisiensi urusan administrasi dan personalia perusahaan anda. 

Bayangkan kemudahan yang anda dapatkan hanya dengan melihat hasil laporan yang sudah dicantumkan. Atas dasar itu semua maka Talenta by Mekari hadir dengan menyediakan solusi payroll software terbaik untuk membantu berkembangnya perusahaan anda, khususnya bisnis anda. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.