Paket Belanja Datang! Ini yang Harus Diperhatikan saat Membukanya

Platform marketplace online menjadi tempat tujuan utama berbelanja khususnya ketika masa pandemi berlangsung. Apakah Anda salah satunya yang menggunakan layanan marketplace? Jika iya, maka Anda harus tahu bagaimana cara tepat saat menerima paket belanja online.

Kebanyakan konsumen terburu-buru untuk membuka paket karena sudah menanti produk yang diinginkan sejak waktu pembelian. Padahal saat menerima paket ada tata caranya sendiri yang harus diperhatikan. Apa saja itu, bisa Anda simak sampai akhir.

5 Hal yang Harus Anda Diperhatikan Saat Menerima Paket Belanja Online

Setiap marketplace memiliki layanan pengembalian ketika barang yang diterima rusak atau tidak sesuai pesanan. Anda bisa menggunakan layanan ini selama memenuhi syarat dan ketentuannya.

Alasan inilah yang membuat Anda harus lebih memperhatikan paket yang datang. Apakah barang di dalamnya sudah tepat atau belum, bisa Anda pastikan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1.   Menerima Paket dan Cek Fisik Kondisinya

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pengecekan fisik dari paket setelah Anda menerimanya dari kurir. Anda bisa melihat apakah nama pengirim dan penerima paket sudah benar agar tidak tertukar dengan paket milik orang lain.

Selanjutnya adalah dokumentasikan bentuk fisik dari paket tujuannya agar Anda bisa membungkus kembali paket ketika ingin dikembalikan akibat rusak. Pastikan alamat pengirimnya jangan sampai rusak atau hilang.

2.   Jangan Lupa Video Unboxing

Perlu juga untuk merekam kegiatan Anda membuka paket belanja. Beberapa toko online mewajibkan konsumennya untuk membuat video unboxing dan mengirimkannya sebelum melakukan klaim.

Lebih baik Anda berjaga-jaga untuk merekamnya karena masih belum tahu seperti apa kondisi dari produk di dalamnya. Jika barang yang diterima dalam keadaan baik maka Anda tidak perlu mengirimkan video tersebut.

3.   Mengecek Kondisi dan Fungsi Barang

Apabila paket sudah dibuka Anda bisa melanjutkan rekaman dengan mencoba barang. Misalnya saja Anda membeli laptop, maka cobalah untuk memasang charger dan menyalakan laptop. Pastikan kondisi dan fungsinya berjalan dengan baik.

Cek juga kartu garansi atau kelengkapan dari produk yang Anda beli. Semua kelengkapan harus sesuai yang ditawarkan pada toko online yang Anda pilih.

4.   Konfirmasi Penerimaan Barang di Marketplace

Kondisi fisik dan fungsi barang berjalan normal, barulah Anda bisa memberikan konfirmasi barang telah diterima ke marketplace. Sekali klik barang telah diterima artinya Anda sudah menyelesaikan pesanan.

Pemilik toko online akan mendapatkan uang pembelian produk dari marketplace. Oleh karena itulah jika Anda buru-buru menekan penerimaan paket padahal belum mengecek kondisi barang, berisiko untuk mempersulit klaim penukaran.

5.   Memberikan Ulasan ke Toko

Biasanya Anda yang sudah menyelesaikan pembelian akan diarahkan langsung ke halaman ulasan. Di sini Anda bisa memberikan ulasan mengenai produk atau pelayanan toko online.

Misalnya saja pelayanannya ramah dan pengiriman cepat dengan paket terbungkus rapi. Bisa juga memberi ulasan bahwa produk sesuai deskripsi dan gambar.

Kelima hal ini harus Anda perhatikan ketika berbelanja produk apapun terutama yang berhubungan dengan elektronik. Contohnya paket belanja handphone, laptop, printer, tab dan masih banyak lagi yang rawan rusak karena pengiriman.

Setelah mengenali hal ini Anda bisa langsung cek produk apa saja yang diperlukan. Anda yang ingin belanja keperluan bisnis dan rumah tangga bisa langsung ke DatascripMall.ID.

Sebagai marketplace B2C terbaik, semua koleksinya hadir dari distributor utama. Baik itu peralatan kantor seperti printer, desktop, scanner, laptop dan lainnya lengkap tersedia. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan promo DatascripMall.ID yang menarik dan selalu hadir. Jadi tunggu apalagi ayo segera belanja kebutuhan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.