Mengenal Paliatif Onkologi Sebagai Pengobatan Terhadap Penyakit Kanker

Sampai sekarang ini kanker jadi salah satu penyakit yang paling mematikan selain penyakit jantung. Penyakit yang satu ini pada dasarnya memang dapat membunuh manusia secara perlahan dan tanpa disadari. Banyak pastinya diantara Anda yang sudah tahu bahwa memang orang-orang yang terserang kanker umumnya tidak menyadari bahwa mereka sedang menderita penyakit tersebut. Baru akan terdeteksi ketika telah memasuki stadium lanjut, padahal di masa ini penyakit tersebut sudah menyebar kemana-mana dan sangat berbahaya.

Hal inilah yang membuat kanker sulit untuk diobati, karena memang banyak orang yang tidak sadar dalam melakukan medical checkup secara rutin guna memeriksakan kondisi mereka tersebut. berbicara mengenai tindakan pengobatan penyakit kanker ini sendiri sebenarnya sangat banyak, tergantung dari stadium dari penyakit tersebut. Namun memang semakin parah kondisinya seperti ketika pasien tersebut telah masuk ke stadium akhir, maka disinilah harus menjalani pengobatan paliatif onkologi.

Lalu sebenarnya apa itu pengobatan paliatif? Yaitu sebuah pendekatan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup dari pasien serta keluarga yang menghadapi masalah kesehatan yang mengancam jiwa tersebut. tentunya dengan melalui beberapa tindakan guna mengurangi rasa nyeri, masalah fisik, sosial sampai dengan spiritual yang dihadapi oleh pasien tersebut. Berikut ini diantaranya ada beberapa hal yang patut untuk Anda ketahui terkait dengan pengobatan paliatif onkologi ini, yaitu:

  1. Bagus untuk mengatasi gangguan emosi pasien, pada dasarnya orang-orang yang terkena penyakit berbahaya seperti kanker memang rentan mengalami gangguan emosi. Merasa dirinya tidak lagi berharga sebentar lagi akan meninggal dunia dan sejenisnya. bahkan hal ini tak jarang membuat pasien tersebut juga mengalami depresi. Pengobatan paliatif akan membantu mencegah masalah emosi.
  2. Menggunakan berbagai pendekatan, dalam pengobatan paliatif ini fokusnya sendiri memang tidak sekedar menggunakan obat-obatan saja, melainkan ada banyak pendekatannya, seperti secara spiritual juga, karena hal ini juga akan membantu pasien dalam menemukan kedamaiannya tersebut.
  3. Terapi yang digunakan lebih ke arah yang menyenangkan, tidak lagi terapi fisik atau sejenisnya, melainkan pasien akan diajak untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, sebut saja diantaranya adalah dengan terapi musik, terapi seni sampai dengan terapi hewan juga. Cara yang satu ini akan membuat pasien bisa melupakan penyakit mereka untuk sejenak.
  4. Tak sekedar untuk penyakit kanker, melainkan juga dapat digunakan untuk penyakit-penyakit berbahaya lain seperti diantaranya adalah HIV AIDS sampai dengan Alzheimer, patut untuk diketahui bahwa memang pengobatan paliatif ini pada dasarnya tidak digunakan untuk menangani pasien yang terkena kanker saja, melainkan juga mereka dengan kondisi kesehatan berbahaya lain, termasuk diantaranya adalah HIV AIDS sampai dengan Alzheimer. Masalah kesehatan yang pada dasarnya memang tak kalah berbahaya.
  5. Biasanya pengobatan yang satu ini juga telah bekerjasama dengan tenaga yang lainnya seperti ahli gizi, apoteker, penasehat spiritual, psikolog, penasehat spiritual serta masih banyak lagi yang lainnya.

Paliatif onkologi di Indonesia sekarang ini sudah ada layanan yang bisa dipanggil ke rumah, diantaranya Anda bisa memanfaatkan aplikasi Aido Health untuk mendapatkan layanan tersebut. memang pada dasarnya Aido Health ini adalah aplikasi yang fokusnya adalah untuk menangani masalah kesehatan dengan fasilitas berbasis teknologi, apalagi memang telah bekerjasama dengan banyak rumah sakit dan juga tenaga medis yang ada di Indonesia untuk memberikan layanan terbaiknya bagi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.