Ingin Membuka Jasa Sewa Mobil? Ini yang Harus Disiapkan

Tidak semua orang yang membeli mobil baru melalui perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia bertujuan untuk digunakan sebagai transportasi pribadi. Banyak juga yang bertujuan untuk membuka sebuah bisnis baru. Misalnya saja seperti jasa sewa mobil.

Namun, mengingat mobil adalah aset bernilai tinggi, maka tentu saja Anda tidak boleh asal saja dalam menjalankan bisnis ini. Agar semua berjalan lancar, maka berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan:

  • Pastikan mobil dalam kondisi prima

Sebelum mobil dibawa klien, Anda harus memastikan tak ada masalah pada performanya. Sejumlah hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan eksterior dan interior, komponen penting seperti mesin, adanya baret atau penyok pada body mobil, hingga dokumen-dokumen penting terkait kepemilikan mobil. Mengetahui semua hal ini sebelum serah terima mobil pada klien akan menghindarkan adanya masalah yang muncul saat hal tidak diharapkan terjadi saat mobil disewa. 

  • Siapkan prosedur dan tarif sewa mobil

Anda mungkin hanya menyewakan satu unit kendaraan, tetapi prosedur dan tarif sewanya harus dipertimbangkan sematang mungkin. Tentukan Standard Operating Procedure (SOP) yang membantu memastikan keamanan dan kenyamanan transaksi. Kemudian, hitung tarif yang akan Anda kenakan, entah berdasarkan jam atau hari. Data pelanggan, alur penyewaan, waktu penyewaan, hingga sanksi bagi klien yang melanggar adalah hal-hal lain yang sebaiknya Anda pertimbangkan juga.

  • Buat proposal penawaran yang menjanjikan

Selain SOP, proposal penawaran adalah kelengkapan lain yang bakal menguatkan profesionalitas Anda sebagai pemilik bisnis. Ketika Anda mempunyai legalitas atau CV yang terdaftar, akan lebih mudah untuk menyebarkan penawaran ke berbagai tempat. Proposal juga akan membantu Anda saat ada klien dari perusahaan besar yang tertarik dengan armada yang disediakan, karena mereka tentunya tak ingin mengeluarkan bujet untuk penyewa mobil yang kurang profesional.

  • Mulai penawaran dari orang terdekat

Mulai bisnis sewa mobil Anda dari orang-orang terdekat. Anda yang masih bekerja di agensi atau perusahaan bisa menawarkannya kepada rekan kerja atau atasan. Kemudian saat berkumpul bersama keluarga besar, jangan sungkan untuk memperkenalkan jasa tersebut kepada kerabat yang sedang butuh transportasi untuk perjalanan jauh. Bakal lebih baik lagi kalau Anda menyertakannya dengan kartu nama agar mereka mudah menghubungi Anda.

  • Manfaatkan platform atau media online

Meningkatnya pemakaian platform online seperti media sosial di masa pandemi harus dimanfaatkan sebaik mungkin kalau Anda ingin bisnis sewa mobil berkembang. Caranya pun beragam, dari menyediakan nomor telepon khusus untuk WhatsApp, mengunggah penawaran lewat media sosial atau website, atau membuat landing page khusus dengan nama yang menarik. Sebarkan secara berkala sampai promosi tersebut menjaring klien yang potensial.

Bagaimana, sudah siap menyewakan mobil Anda? Semoga informasi ini membantu Anda mendapatkan penghasilan tambahan untuk membayar cicilan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.