Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Kawin 

Cincin merupakan bagian terpenting dalam sebuah pernikahan. Tentunya kamu dan pasangan menginginkan harga cincin yang sesuai dengan anggaran yang kalian miliki. Nah mengenai harga cincin kawin, terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi adanya perbedaan harga antara satu cincin dengan cincin lainnya. 

Nah, berikut merupakan penjelasan mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi harga cincin kawin.

Faktor yang mempengaruhi harga cincin

Jenis logam

Faktor yang paling utama yaitu jenis logam yang dimiliki cincin. Saat ini, banyak jenis logam yang digunakan untuk pembuatan cincin kawin. Beberapa macam logam mulia yang umum digunakan perhiasan yaitu di antaranya titanium, platinum, besi, palladium, perak, dan emas. 

Berdasarkan kelangkaan dan kualitasnya, jenis logam platinum merupakan yang paling mahal. Maka dari itu, perhiasan dari jenis logam ini biasanya dijual dengan kisaran harga yang fantastis. Namun, tentu saja kualitasnya tidak bisa diragukan lagi. Logam ini merupakan yang paling kokoh dan kuat daya tahannya. Selain itu, platinum memiliki tingkat kemurnian yang lebih tinggi dibanding emas. 

Namun, untuk kamu yang memiliki budget pas-pasan, kamu bisa memilih cincin dengan jenis logam perak atau palladium. Saat ini banyak model cincin kawin terbaru dengan menggunakan jenis logam tersebut. 

Kadar karat dan jenis logam

Jumlah kadar yang dimiliki perhiasan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harganya. Umumnya, jumlah kadar jenis logam dinyatakan dalam bentuk persen. Kadar yang dimiliki jenis logam sangat bervariasi, mulai dari 25%, 50%, hingga 95%. 

Misalnya dalam jenis logam palladium terdapat kadar sebesar 50%, ini artinya cincin tersebut memiliki kandungan 50% palladium, dan 50% sisanya merupakan campuran jenis logam lain. 

Untuk cincin yang terbuat dari emas, jumlah kadarnya dinyatakan dalam bentuk karat. Cincin yang memiliki 24 karat berarti mengandung emas murni 100% tanpa campuran logam lain. Semakin tinggi kadar dan karat sebuah cincin, makin mahal pula harganya. 

Model dan desain

Desain menjadi salah satu faktor yang menentukan besar tidaknya harga sebuah cincin. Semakin rumit detail model cincin, makin mahal pula harganya. Apalagi jika cincin tersebut memiliki hiasan bandul berupa batu permata atau berlian, tentu harganya akan semakin tinggi. 

Maka, jika budget kamu pas-pasan, pilihlah model cincin yang lebih simpel. Pasalnya, model cincin kawin terbaru banyak yang memiliki detail desain yang lebih simpel. Selain itu, model yang simpel dapat terlihat lebih elegan. 

Berat cincin

Berat sebuah cincin atau yang biasa disebut dengan gramasi merupakan sebuah faktor yang menentukan harganya. Cincin yang memiliki bandul batu mulia seperti berlian tentu saja memiliki harga yang lebih tinggi karena lebih berat. 

Hal lain yang mempengaruhi berat sebuah cincin yaitu ukuran jarinya. Umumnya berat sebuah cincin yaitu sekitar 3 sampai 8 gram tergantung ukuran jari kamu. 

Biaya pengerjaan cincin

Biaya pengerjaan merupakan salah satu faktor yang menentukan tingginya harga sebuah perhiasan. Rincian biaya pengerjaan disini meliputi desain dan model yang diinginkan, terdapat detail atau ukuran tertentu seperti nama, dan penyesuaian ukuran cincin dengan jari kamu. 

Semakin rumit detail model sebuah cincin kawin yang kamu inginkan, semakin tinggi pula biaya pengerjaannya. Terlebih lagi jika kamu menginginkan cincin dengan batu mulia sebagai hiasannya. Pemasangan batu mulia memerlukan pengerjaan ekstra hati-hati dan kecermatan membutuhkan biaya yang lebih mahal. 

Nah, itulah beberapa faktor yang menentukan besarnya harga sebuah cincin pernikahan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.